Sabtu, 29 September 2007

Etika, Nilai dan Norma

Dua Macam Etika yang Berkaitan Dengan Nilai dan Norma :

Pertama, Etika Deskriptif;

Berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan pola prilaku manusia dan apa yang dikejar oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai.

Etika Deskriptif berbicara mengenai fakta apa adanya, yaitu mengenai nilai dan pola perilaku manusia sebagai suatu fakta yang terkait dengan situasi dan realitas konkrit yang membudaya. Ia berbicara mengenai kenyataan penghayatan nilai, tanpa menilai, dalam suatu masyarakat, tentang sikap orang dalam menghadapi hidup ini, dan tentang kondisi-kondisi yang memungkinkan manusia bertindak secara etis.

Kedua, Etika Normatif;

Berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola perilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia, atau apa yang seharusnya dijalankan oleh manusia, dan apa tindakan yang seharusnya diambil untuk mencapai apa yang bernilai dalam hidup ini.

Etika Normatif berbicara mengenai norma-norma yang menuntun tingkah laku manusia, serta memberi penilaian dan himbauan kepada manusia untuk bertindak sebagaimana seharusnya berdasarkan norma-norma. Ia menghimbau manusia untuk bertindak yang baik dan menghindari yang jelek.

Bedanya dari kedua macam etika :

Etika Deskriptif memberi fakta sebagai dasar untuk mengambil keputusan tentang perilaku atau sikap yang mau diambil.

Sedangkan Etika Normatif memberi penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.

Jadi dapat dikatakan bahwa etika memberi manusia orientasi bagaimana ia menjalani hidupnya melalui rangkaian tindakan sehari-hari. Itu berarti etika membantu manusia untuk mengambil sikap dan bertindak secara tepat dalam menjalani hidup ini.

  • Etika pada akhirnya membantu kita untuk mengambil keputusan tentang tindakan apa yang mau kita lakukan dalam situasi tertentu dalam hidup kita sehari-hari.
  • Etika membantu kita untuk membuat pilihan, pilihan nilai yang terjelma dalam sikap dan perilaku kita yang sangat mewarnai dan menentukan makna kehidupan kita.

4 Komentar:

Blogger Konsultan mengatakan...

selamat malam pak Herri...

saya ucapkan beribu - ribu terima kasih kepada pak herry yang telah memberi pelajaran yang sangat berharga bagi saya untuk menjadi lebih dewasa & mandiri.

pak herry telah menunjukkan jalan yang lurus untukku, sekali lagi terima kasih pak herry, saya tidak bisa membalas kebaikan bapak, saya hanya bisa berdoa mudah2an Alloh membalas semua kebaikan pak herry .

terima kasih
yoyosoko@yahoo.com
08159767636

21 Agustus 2009 pukul 09.19  
Blogger sulistyowati mengatakan...

pak, setelah saya membaca artikel bapak saya bisa untuk menjadi dewasa dan tidak berfikir seperti pada saat SMA ternyata komunikasi itu penting

6 Oktober 2009 pukul 08.12  
Blogger nurianti ayu mengatakan...

selamat malam
terimah kasih artikel yang bapak buat sehingga saya bisa menerapkan komunikasi dikehidupan saya dengan baik

6 Oktober 2009 pukul 08.24  
Blogger Unknown mengatakan...

wah.....artikelnya sangat bermanfaat sekali pak,tapi ko ga da refrensinya?

20 Agustus 2011 pukul 08.47  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda